Visi dan Misi

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palu merupakan unsur pelaksana teknis daerah Kota Palu dalam melaksanakan tugas dan kewenangan di bidang Komunikasi, Teknologi Informasi, Persandian, dan Statistik diharapkan setiap aparatur mampu menguasai terhadap Komunikasi, Informasi, Persandian, dan Statistik serta ahli dibidangnya, sehingga akan tercipta apartur kominfo yang informatif. Dengan memperhatikan situasi dan kondisi pada saat ini dan mengantisipasi perubahan dimasa yang akan datang, maka Visi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palu dirumuskan sebagai berikut :

 Terwujudnya Masyarakat Kota Palu Yang Informatif Berbasis Teknologi Informasi

Mewujudkan Masyarakat Kota Palu yang Informatif, adalah suatu karakteristik masyarakat yang bercirikan antara lain sudah menyadari, memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengakses dan memanfaatkan serta menyebarkan informasi, dan menjadikan informasi sebagai nilai tambah peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Berbasis Teknologi Informasi, adalah teknologi apa pun yang membantu manusia (masyarakat) dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan atau menyebarkan informasi. Teknologi informasi menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video.

Untuk mewujudkan Visi Dinas Komunikasi dan Informatika di atas, maka disusunlah Misi yang menjadi tanggung jawab Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palu. Dengan Misi ini diharapkan seluruh anggota organisasi dan pihak yang berkepentingan dapat mengetahui, mengenal keberadaan juga peran serta instansi pemerintah dalam menyelenggarakan tugas pemerintahannya. Dari analisis pokok-pokok visi yang telah didapatkan sebelumnya, maka misi Dinas Komunikasi dan Informatika yaitu:

  1. Meningkatkan Pelayanan Bidang Komunikasi dan Informasi Kepada Masyarakat;
  2. Pemberdayaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang Terintegrasi dalam Menunjang Pembangunan yang Berkelanjutan;
  3. Mengoptimalkan Sumber Daya Persandian dalam Pengamanan Komunikasi dan Informasi;
  4. Mewujudkan Informasi Statistik yang Akurat dan Berkesinambungan.
Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palu

Tujuan merupakan penjabaran dari pernyataan Visi dan Misi sebagai hasil akhir yang akan dicapai dalam kurun waktu 5 ( lima ) tahun. Tujuan ditetapkan dengan mengacu kepada pernyataan Visi dan Misi sehingga rumusannya harus menunjukkan suatu kondisi yang akan dicapai pada masa mendatang.

Adapun tujuan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palu adalah sebagai berikut :

  1. Mengoptimalkan Kualitas Pelayanan Komunikasi dan Informasi Kepada Masyarakat;
  2. Terberdaya dan Termanfaatnya Teknologi Informasi dan Komunikasi yang Terintegrasi dalam Menunjang Pembangunan yang Berkelanjutan;
  3. Optimalnya Sumber Daya Persandian dalam Pengamanan Komunikasi dan Informasi;
  4. Mewujudkan Informasi Statistik yang Akurat dan Berkesinambungan.

Tujuan yang telah ditetapkan tersebut di atas, akan dicapai melalui sasaran – sasaran sebagai berikut :

  1. Meningkatnya Kualitas Pelayanan Komunikasi dan Informasi Kepada Masyarakat;
  2. Tersedianya Teknologi Informasi dan Komunikasi yang Terintegrasi dalam Menunjang Pembangunan yang Berkelanjutan;
  3. Tersedianya Sumber Daya Persandian dalam Pengamanan Komunikasi dan Informasi;
  4. Tersedianya Informasi Statistik yang Akurat dan Berkesinambungan.